Latar Belakang Sejarah Konflik Israel-Palestina di Jalur Gaza

Original post on Xentala

palestine (2)

Konflik Palestina – Israel menurut sejarah sudah 31 tahun ketika pada tahun 1967 Israel menyerang Mesir, Yordania dan Syria dan berhasil merebut Sinai dan Jalur Gaza (Mesir), dataran tinggi Golan (Syria), Tepi Barat dan Yerussalem (Yordania). Sampai sekarang perdamaian sepertinya jauh dari harapan. Ditambah lagi terjadi ketidaksepakatan tentang masa depan Palestina dan hubungannya dengan Israel di antara faksi-faksi di Palestina sendiri.

Tulisan ini dimaksudkan sebagai pengingat sekaligus upaya membuka pemahaman kita mengenai latar belakang sejarah sebab terjadinya konflik ini.

*2000 SM – 1500 SM*
Istri Nabi Ibrahim A.s., Siti Hajar mempunyai anak Nabi Ismail A.s. (bapaknya bangsa Arab) dan Siti Sarah mempunyai anak Nabi Ishak A.s. yang kemudian mempunyai anak Nabi Ya’qub A.s. alias Israel (Israil, Qur’an). Anak keturunannya disebut Bani Israel sebanyak 7 orang 12 orang. Salah satunya bernama Nabi Yusuf A.s. yang ketika kecil dibuang oleh saudara-saudaranya yang dengki kepadanya. Nasibnya yang baik membawanya ke tanah Mesir dan kemudian dia menjadi bendahara kerajaan Mesir. Ketika masa paceklik, Nabi Ya’qub A.s. beserta saudara-saudara Yusuf bermigrasi ke Mesir. Populasi anak keturunan Israel (Nabi Ya’qub A.s.) membesar.

*1550 SM – 1200 SM*
Politik di Mesir berubah. Bangsa Israel dianggap sebagai masalah bagi Negara Mesir. Banyak dari bangsa Israel yang lebih pintar dari orang asli Mesir dan menguasai perekonomian. Oleh pemerintah Firaun bangsa Israel diturunkan statusnya menjadi budak.

*1200 SM – 1100 SM*
Nabi Musa A.s. memimpin bangsa Israel meninggalkan Mesir, mengembara di gurun Sinai menuju tanah yang dijanjikan, asalkan mereka taat kepada Allah Swt – dikenal dengan cerita Nabi Musa A.s. membelah laut ketika bersama dengan bangsa Israel dikejar-kejar oleh tentara Mesir menyeberangi Laut Merah.

Namun saat mereka diperintah untuk memasuki tanah Filistin (Palestina), mereka membandel dan berkata:

“Hai, Musa, kami sekali-kali tidak akan memasukinya selama-lamanya, selagi ada orang yang gagah perkasa di dalamnya, karena itu pergilah kamu bersama Rabbmu (Tuhanmu), dan berperanglah kamu berdua, sesungguhnya kami hanya duduk menanti di sini saja.” (QS 5:24)

Akibatnya mereka dikutuk oleh Allah Swt dan hanya berputar-putar saja di sekitar Palestina. Belakangan agama yang dibawa Nabi Musa A.s. disebut Yahudi – menurut salah satu marga dari bangsa Israel yang paling banyak keturunannya, yakni Yehuda, dan akhirnya bangsa Israil – tanpa memandang warga negara atau tanah airnya – disebut juga orang-orang Yahudi.

*Sulit mengetahui asal-usul penyebutan nama Yahudi, apalagi dinisbatkan kepada Yehuda. Di dalam Perjanjian Lama, kata “Yahudi” baru mulai ditemukan pada kitab Ezra. Sedangkan pada kitab-kitab sebelumnya hanya disebut anak-anak Israel atau Bani Israel. Di dalam Alquran atau Hadits sendiri anak keturunan Nabi Ya’qub disebut Bani Israil, sedangkan penyebutan “Yahudi” lebih sering bermakna golongan yangdimurkai Allah, dien (atau jalan hidup seperti halnya Nasrani, Sabiin, Majusi dan Islam)*

*1000 SM – 922 SM*
Nabi Daud A.s. (anak Nabi Musa A.s.) mengalahkan Goliath (Jalut, Qur’an) dari Filistin. Palestina berhasil direbut. Daud kemudian menjadi raja menggantikan Raja Thalut. Wilayah kerajaannya membentang dari tepi sungai Nil hingga sungai Efrat di Iraq. Sekarang ini Yahudi tetap memimpikan kembali kebesaran Israel Raya seperti yang dipimpin raja Daud. Bendera Israel adalah dua garis biru (sungai Nil dan Eufrat) dan Bintang Daud. Kepemimpinan Daud A.s. diteruskan oleh anaknya, Nabi Sulaiman A.s.

*922 SM – 800 SM*
Sepeninggal Sulaiman A.s., Israel dilanda perang saudara yang berlarut-larut, hingga akhirnya kerajaan itu terbelah menjadi dua, yakni bagian Utara bernama Israel beribukota Samaria dan Selatan bernama Yehuda beribukota Yerusalem.

*800 SM – 600 SM*
Karena kerajaan Israel sudah terlalu durhaka kepada Allah Swt maka kerajaan tersebut dihancurkan oleh Allah Swt melalui penyerangan kerajaan Asyiria.

“Sesungguhnya Kami telah mengambil kembali perjanjian dari Bani Israil, dan telah Kami utus kepada mereka rasul-rasul. Tetapi setiap datang seorang rasul kepada mereka dengan membawa apa yang tidak diingini hawa nafsu mereka, maka sebagian rasul-rasul itu mereka dustakan atau mereka bunuh.” (QS 5:70)

Hal ini juga bisa dibaca di Injil (Bible) pada Kitab Raja-raja ke-1 14:15 dan Kitab Raja-raja ke-2 17:18.

*600 SM – 500 SM*
Kerajaan Yehuda dihancurkan lewat tangan Nebukadnezar dari Babylonia . Dalam Injil Kitab Raja-raja ke-2 23:27 dinyatakan bahwa mereka tidak mempunyai hak lagi atas Yerusalem. Mereka diusir dari Yerusalem dan dipenjara di Babylonia .

*500 SM – 400 SM*
Cyrus Persia meruntuhkan Babylonia dan mengijinkan bangsa Israel kembali ke Yerusalem.

*330 SM – 322 SM*
Israel diduduki Alexander Agung dari Macedonia (Yunani). Ia melakukan hellenisasi terhadap bangsa-bangsa taklukannya. Bahasa Yunani menjadi bahasa resmi Israel. Penulisan Injil dalam bahasa Yunani bukan karena bahasa resmi Israel yang pada saat itu dijajah oleh Romawi. Melainkan penulis dan penyebar Injil, Paulus, memang orang Romawi yang berbahasa yunani.

*300 SM – 190 SM*
Yunani dikalahkan Romawi. Maka Palestina pun dikuasai imperium Romawi.

*1 – 100 M*
Nabi Isa A.s. lahir. Nantinya akan ada penghembusan isu bahwa Nabi Isa merupakan pemimpin gerakan melawan penguasa Romawi. Riil-nya Nabi Isa tidak membangun gerakan melawan penguasa Romawi, justru isu tersebut dihembuskan oleh para Rabbi Yahudi yang tidak suka ajaran puritan (kembali ke Taurat asli) yang dibawa oleh Nabi Isa. Pilatus sendiri menyalib Nabi Isa atas desakan para Imam yang cemburu kepada Nabi Isa. Mengapa? karena Pilatus tidak beragama Yahudi sehingga hukuman untuk orang Yahudi haruslah ditentukan oleh orang Yahudi sendiri.

*100 – 300 *
Pemberontakan berulang. Akibatnya Palestina dihancurkan dan dijadikan area bebas Yahudi. Mereka dideportasi keluar Palestina dan terdiaspora ke segala penjuru imperium Romawi. Namun demikian tetap ada sejumlah kecil pemeluk Yahudi yang tetap bertahan di Palestina. Dengan masuknya Islam kemudian, serta dipakainya bahasa Arab di dalam kehidupan sehari-hari, mereka lambat laun terarabisasi atau bahkan masuk Islam.

*313 *
Pusat kerajaan Romawi dipindah ke Konstantinopel dan agama Kristen dijadikan agama negara.

*500 – 600*
Nabi Muhammad Saw lahir di tahun 571 M. Bangsa Yahudi merembes ke semenanjung Arabia (di antaranya di Khaibar dan sekitar Madinah), kemudian berimigrasi dalam jumlah besar ke daerah tersebut ketika terjadi perang antara Romawi dengan Persia .

*621*
Nabi Muhammad Saw melakukan perjalanan ruhani Isra’ dari masjidil Haram di Makkah ke masjidil Aqsa di Palestina dilanjutkan perjalana Mi’raj ke Sidrathul Muntaha (langit lapis ke-7). Rasulullah menetapkan Yerusalem sebagai kota suci ke-3 ummat Islam, dimana sholat di masjidil Aqsa dinilai 500 kali dibanding sholat di masjid lain selain masjidil Haram di Makkah dan masjid Nabawi di Madinah. Masjidil Aqsa juga menjadi kiblat umat Islam sebelum dipindah arahnya ke Ka’bah di masjidil Haram, Makkah.

*622*
Hijrah Nabi Muhammad Saw ke Madinah dan pendirian negara Islam – yang selanjutnya disebut khilafah. Nabi mengadakan perjanjian dengan bangsa Yahudi yang menjadi penduduk Madinah dan sekitarnya, yang dikenal dengan “Piagam Madinah”.

*626*
Pengkhianatan Yahudi dalam Perang Khandaq (perang parit) dan berarti melanggar Perjanjian Madinah. Sesuai dengan aturan di dalam kitab Taurat mereka sendiri, mereka harus menerima hukuman dibunuh atau diusir.

*638*
Di bawah pemerintahan Khalifah Umar Ibnu Khattab ra. Seluruh Palestina dimerdekakan dari penjajah Romawi. Seterusnya seluruh penduduk Palestina, Muslim maupun Non Muslim, hidup aman di bawah pemerintahan khilafah. Kebebasan beragama dijamin sepenuhnya.

*700 – 1000*
Wilayah Islam meluas dari Asia Tengah, Afrika hingga Spanyol. Di dalamnya, bangsa Yahudi mendapat peluang ekonomi dan intelektual yang sama. Ada beberapa ilmuwan terkenal di dunia Islam yang sesungguhnya adalah orang Yahudi.

*1076*
Yerusalem dikepung oleh tentara salib dari Eropa. Karena pengkhianatan kaum munafik (sekte Drusiah yang mengaku Islam tetapi ajarannya sesat), pada tahun 1099 M tentara salib berhasil menguasai Yerusalem dan mengangkat seorang raja Kristen. Penjajahan ini berlangsung hingga 1187 M sampai Salahuddin Al-Ayyubi membebaskannya dan setelah itu ummat Islam yang terlena sufisme yang sesat bisa dibangkitkan kembali.

*1453*
Setelah melalui proses reunifikasi dan revitalisasi wilayah-wilayah khilafah yang tercerai berai setelah hancurnya Baghdad oleh tentara Mongol (1258 M),khilafah Utsmaniah di bawah Muhammad Fatih menaklukan Konstatinopel, dan mewujudkan nubuwwah Rasulullah.

*1492*
Andalusia sepenuhnya jatuh ke tangan Kristen Spanyol (reconquista). Karena cemas suatu saat umat Islam bisa bangkit lagi, maka terjadi pembunuhan, pengusiran dan pengkristenan massal. Hal ini tidak cuma diarahkan pada Muslim namun juga pada Yahudi. Mereka lari ke wilayah khilafah Utsmaniyah, diantaranya ke Bosnia. Pada 1992 Raja Juan Carlos dari Spanyol secara resmi meminta maaf kepada pemerintah Israel atas holocaust (pemusnahan etnis) 500 tahun sebelumnya. (Tapi tidak permintaan maaf kepada umat Islam).

*1500 – 1700*
Kebangkitan pemikiran di Eropa, munculnya sekularisme (pemisahan agama/ gereja dengan negara), nasionalisme dan kapitalisme. Mulainya kemajuan teknologi moderen di Eropa. Abad penjelajahan samudera dimulai. Mereka mencari jalur perdagangan alternatif ke India dan Cina, tanpa melalui daerah-daerah Islam. Tapi akhirnya mereka didorong oleh semangat kolonialisme dan imperialisme, yakni Gold, Glory dan Gospel. Gold berarti mencari kekayaan di tanah jajahan, Glory artinya mencari kemasyuran di atas bangsa lain dan Gospel (Injil) artinya menyebarkan agama Kristen ke penjuru dunia.

*1529*
Tentara khilafah berusaha menghentikan arus kolonialisme/imperialisme serta membalas reconquista langsung ke jantung Eropa dengan mengepung Wina, namun gagal. Tahun 1683 M kepungan diulang, dan gagal lagi. Kegagalan ini terutama karena tentara Islam terlalu yakin pada jumlah dan perlengkapannya.

“… yaitu ketika kamu menjadi congkak karena banyaknya jumlahmu, maka jumlah yang banyak itu tidak memberi manfaat kepadamu sedikitpun, dan bumi yang luas itu terasa sempit olehmu, kemudian kamu lari ke belakang dan bercerai-berai.” (QS 9:25)

*1798*
Napoleon berpendapat bahwa bangsa Yahudi bisa diperalat bagi tujuan-tujuan Perancis di Timur Tengah. Wilayah itu secara resmi masih di bawah Khilafah.

*1831*
Untuk mendukung strategi “devide et impera” Perancis mendukung gerakan nasionalisme Arab, yakni Muhammad Ali di Mesir dan Pasya Basyir di Libanon. Khilafah mulai lemah dirongrong oleh semangat nasionalisme yang menular begitu cepat di tanah Arab.

*1835*
Sekelompok Yahudi membeli tanah di Palestina, dan lalu mendirikan sekolah Yahudi pertama di sana. Sponsornya adalah milyuder Yahudi di Inggris, Sir Moshe Monteveury, anggota Free Masonry. Ini adalah pertama kalinya sekolah berkurikulum asing di wilayah Khilafah.

*1838*
Inggris membuka konsulat di Yerusalem yang merupakan perwakilan Eropa pertama di Palestina.

*1849*
Kampanye mendorong imigrasi orang Yahudi ke Palestina. Pada masa itu jumlah Yahudi di Palestina baru sekitar 12.000 orang. Pada tahun 1948 jumlahnya menjadi 716.700 dan pada tahun 1964 sudah hampir 3 juta orang.

*1882*
Imigrasi besar-besaran orang Yahudi ke Palestina yang berselubung agama, simpati dan kemanusiaan bagi penderitaan Yahudi di Eropa saat itu.

*1891*
Para penduduk Palestina mengirim petisi ke Khalifah, menuntut dilarangnya imigrasi besar-besaran ras Yahudi ke Palestina. Sayang saat itu khilafah sudah “sakit-sakitan” (dijuluki “The Sick Man at Bosporus”). Dekadensi pemikiran meluas, walau Sultan Abdul Hamid sempat membuat terobosan dengan memodernisir infrastruktur, termasuk memasang jalur kereta api dari Damaskus ke Madinah via Palestina! Sayang, sebelum selesai, Sultan Abdul Hamid dipecat oleh Syaikhul Islam (Hakim Agung) yang telah dipegaruhi oleh Inggris. Perang Dunia I meletus, dan jalur kereta tersebut dihancurkan.

*1897*
Theodore Herzl menggelar kongres Zionis sedunia di Basel Swiss. Peserta kongres I Zionis mengeluarkan resolusi, bahwa umat Yahudi tidaklah sekedar umat beragama, namun adalah bangsa dengan tekad bulat untuk hidup secara berbangsa dan bernegara. Dalam resolusi itu, kaum zionis menuntut tanah air bagi umat Yahudi – walaupun secara rahasia – pada “tanah yang bersejarah bagi mereka”. Sebelumnya Inggris hampir menjanjikan tanah protektorat Uganda atau di Amerika Latin! Di kongres itu, Herzl menyebut, Zionisme adalah jawaban bagi “diskriminasi dan penindasan” atas umat Yahudi yang telah berlangsung ratusan tahun. Pergerakan ini mengenang kembali bahwa nasib umat Yahudi hanya bisa diselesaikan di tangan umat Yahudi sendiri. Di depan kongres, Herzl berkata, “Dalam 50 tahun akan ada negara Yahudi!” Apa yang direncanakan Herzl menjadi kenyataan pada tahun 1948.

*1916*
Perjanjian rahasia Sykes – Picot oleh sekutu (Inggris, Perancis, Rusia) dibuat saat meletusnya Perang Dunia (PD) I, untuk mencengkeram wilayah-wilayah Arab dan Khalifah Utsmaniyah dan membagi-bagi di antara mereka. PD I berakhir dengan kemenangan sekutu, Inggris mendapat control atas Palestina. Di PD I ini, Yahudi Jerman berkomplot dengan Sekutu untuk tujuan mereka sendiri (memiliki pengaruh atau kekuasaan yang lebih besar).

*1917*
Menlu Inggris keturunan Yahudi, Arthur James Balfour, dalam deklarasi Balfour memberitahu pemimpin Zionis Inggris, Lord Rothschild, bahwa Inggris akan memperkokoh pemukiman Yahudi di Palestina dalam membantu pembentukan tanah air Yahudi. Lima tahun kemudian Liga Bangsa-bangsa (cikal bakal PBB) memberi mandat kepada Inggris untuk menguasai Palestina.

*1938*
Nazi Jerman menganggap bahwa pengkhianatan Yahudi Jerman adalah biang keladi kekalahan mereka pada PD I yang telah menghancurkan ekonomi Jerman. Maka mereka perlu “penyelesaian terakhir” (endivsung). Ratusan ribu keturunan Yahudi dikirim ke kamp konsentrasi atau lari ke luar negeri (terutama ke AS). Sebenarnya ada etnis lain serta kaum intelektual yang berbeda politik dengan Nazi yang bernasib sama, namun setelah PD II Yahudi lebih berhasil menjual ceritanya karena menguasai banyak surat kabar atau kantor-kantor berita di dunia.

*1944*
Partai buruh Inggris yang sedang berkuasa secara terbuka memaparkan politik “membiarkan orang-orang Yahudi terus masuk ke Palestina, jika mereka ingin jadi mayoritas. Masuknya mereka akan mendorong keluarnya pribumi Arab dari sana.” Kondisi Palestina pun memanas.

*1947*
PBB merekomendasikan pemecahan Palestina menjadi dua negara: Arab dan Israel .

*1948, 14 Mei*.
Sehari sebelum habisnya perwalian Inggris di Palestina, para pemukim Yahudi memproklamirkan kemerdekaan negara Israel . Mereka melakukan agresi bersenjata terhadap rakyat Palestina yang masih lemah, hingga jutaan dari mereka terpaksa mengungsi ke Libanon, Yordania, Syria , Mesir dan lain-lain. Palestina Refugees menjadi tema dunia. Namun mereka menolak eksistensi Palestina dan menganggap mereka telah memajukan areal yang semula kosong dan terbelakang. Timbullah perang antara Israel dan negara-negara Arab tetangganya. Namun karena para pemimpin Arab sebenarnya ada di bawah pengaruh Inggris – lihat Imperialisme Perancis dan Inggris di tanah Arab sejak tahun 1798 – maka Israel mudah merebut daerah Arab Palestina yang telah ditetapkan PBB.

*1948, 2 Desember*
Protes keras Liga Arab atas tindakan AS dan sekutunya berupa dorongan dan fasilitas yang mereka berikan bagi imigrasi zionis ke Palestina. Pada waktu itu, Ikhwanul Muslimin (IM) di bawah Hasan Al-Banna mengirim 10.000 mujahidin untuk berjihad melawan Israel . Usaha ini kandas bukan karena mereka dikalahkan Israel, namun karena Raja Farouk yang korup dari Mesir takut bahwa di dalam negeri IM bisa melakukan kudeta, akibatnya tokoh-tokoh IM dipenjara atau dihukum mati.

*1956, 29 Oktober*
Israel dibantu Inggris dan Perancis menyerang Sinai untuk menguasai terusan Suez. Pada kurun waktu ini, militer di Yordania menawarkan baiat ke Hizbut Tahrir (salah satu harakah Islam) untuk mendirikan kembali Khilafah. Namun Hizbut Tahrir menolak, karena melihat rakyat belum siap.

*1964*
Para pemimpin Arab membentuk PLO (Palestine Liberation Organization) . Dengan ini secara resmi, nasib Palestina diserahkan ke pundak bangsa Arab-Palestina sendiri, dan tidak lagi urusan umat Islam. Masalah Palestina direduksi menjadi persoalan nasional bangsa Palestina.

*1967*
Israel menyerang Mesir, Yordania dan Syria selama 6 hari dengan dalih pencegahan, Israel berhasil merebut Sinai dan Jalur Gaza (Mesir), dataran tinggi Golan (Syria), Tepi Barat dan Yerussalem (Yordania). Israel dengan mudah menghancurkan angkatan udara musuhnya karena dibantu informasi dari CIA (Central Intelligence Agency = Badan Intelijen Pusat milik USA ). Sementara itu angkatan udara Mesir ragu membalas serangan Israel, karena Menteri Pertahanan Mesir ikut terbang dan memerintahkan untuk tidak melakukan tembakan selama dia ada di udara.

*1967, Nopember*
Dewan Keamanan PBB mengeluarkan Resolusi Nomor 242, untuk perintah penarikan mundur Israel dari wilayah yang direbutnya dalam perang 6 hari, pengakuan semua negara di kawasan itu, dan penyelesaian secara adil masalah pengungsi Palestina.

*1969*
Yasser Arafat dari faksi Al-Fatah terpilih sebagai ketua Komite Eksekutif PLO dengan markas di Yordania.

*1970*
Berbagai pembajakan pesawat sebagai publikasi perjuangan rakyat Palestina membuat PLO dikecam oleh opini dunia, dan Yordania pun dikucilkan. Karena ekonomi Yordania sangat tergantung dari AS, maka akhirnya Raja Husein mengusir markas PLO dari Yordania. Dan akhirnya PLO pindah ke Libanon.

*1973, 6 Oktober*
Mesir dan Syria menyerang pasukan Israel di Sinai dan dataran tinggi Golan pada hari puasanya Yahudi Yom Kippur. Pertempuran ini dikenal dengan Perang Oktober. Mesir dan Syria hampir menang, kalau Israel tidak tiba-tiba dibantu oleh AS. Presiden Mesir Anwar Sadat terpaksa berkompromi, karena dia cuma siap untuk melawan Israel, namun tidak siap berhadapan dengan AS. Arab membalas kekalahan itu dengan menutup keran minyak. Akibatnya harga minyak melonjak pesat.

*1973, 22 Oktober*
Dewan Keamanan PBB mengeluarkan resolusi Nomor 338, untuk gencatan senjata, pelaksanaan resolusi Nomor 242 dan perundingan damai di Timur Tengah.

*1977*
Pertimbangan ekonomi (perang telah memboroskan kas negara) membuat Anwar Sadat pergi ke Israel tanpa konsultasi dengan Liga Arab. Ia menawarkan perdamaian, jika Israel mengembalikan seluruh Sinai. Negara-negara Arab merasa dikhianati. Karena langkah politiknya ini, belakangan Anwar Sadat dibunuh pada tahun 1982.

*1978, September*
Mesir dan Israel menandatangani perjanjian Camp David yang diprakarsai AS. Perjanjian itu menjanjikan otonomi terbatas kepada rakyat Palestina di wilayah-wilayah pendudukan Israel . Sadat dan PM Israel Menachem Begin dianugerahi Nobel Perdamaian 1979. namun Israel tetap menolak perundingan dengan PLO dan PLO menolak otonomi. Belakangan, otonomi versi Camp David ini tidak pernah diwujudkan, demikian juga otonomi versi lainnya. Dan AS sebagai pemrakarsanya juga tidak merasa wajib memberi sanksi, bahkan selalu memveto resolusi PBB yang tidak menguntungkan pihak Israel .

*1980*
Israel secara sepihak menyatakan bahwa mulai musim panas 1980 kota Yerussalem yang didudukinya itu resmi sebagai ibukota.

*1982*
Israel menyerang Libanon dan membantai ratusan pengungsi Palestina di Sabra dan Shatila. Pelanggaran terhadap batas-batas internasional ini tidak berhasil dibawa ke forum PBB karena – lagi-lagi – veto dari AS. Belakangan Israel juga dengan enaknya melakukan serangkaian pemboman atas instalasi militer dan sipil di Iraq, Libya, dan Tunis .

*1987*
Intifadhah, perlawanan dengan batu oleh orang-orang Palestina yang tinggal di daerah pendudukan terhadap tentara Israel mulai meledak. Intifadhah ini diprakarsai oleh HAMAS, suatu harakah Islam yang memulai aktivitasnya dengan pendidikan dan sosial.

*1988, 15 Nopember*
Diumumkan berdirinya negara Palestina di Aljiria, ibu kota.Aljazair. Dengan bentuk negara Republik Parlementer. Ditetapkan bahwa Yerussalem Timur sebagai ibukota negara dengan Presiden pertamanya adalah Yasser Arafat. Setelah Yasser Arafat mangkat kursi presiden diduduki oleh Mahmud Abbas. Dewan Nasional Palestina, yang identik dengan Parlemen Palestina beranggotakan 500 orang.

*1988, Desember*
AS membenarkan pembukaan dialog dengan PLO setelah Arafat secara tidak langsung mengakui eksistensi Israel dengan menuntut realisasi resolusi PBB Nomor 242 pada waktu memproklamirkan Republik Palestina di pengasingan di Tunis.

*1991, Maret*
Yasser Arafat menikahi Suha, seorang wanita Kristen. Sebelumnya Arafat selalu mengatakan “menikah dengan revolusi Palestina”.

*1993, September*
PLO – Israel saling mengakui eksistensi masing-masing dan Israel berjanji memberikan hak otonomi kepada PLO di daerah pendudukan. Motto Israel adalah “land for peace” (tanah untuk perdamaian). Pengakuan itu dikecam keras oleh pihak ultra-kanan Israel maupun kelompok di Palestina yang tidak setuju. Namun negara negara Arab (Saudi Arabia , Mesir, Emirat dan Yordania) menyambut baik perjanjian itu. Mufti Mesir dan Saudi mengeluarkan “fatwa” untuk mendukung perdamaian.

Setelah kekuasaan di daerah pendudukan dialihkan ke PLO, maka sesuai perjanjian dengan Israel, PLO harus mengatasi segala aksi-aksi anti Israel. Dengan ini maka sebenarnya PLO dijadikan perpanjangan tangan Yahudi.

Yasser Arafat, Yitzak Rabin, dan Shimon Peres mendapat Nobel Perdamaian atas usahanya tersebut.

*1995*
Rabin dibunuh oleh Yigar Amir, seorang Yahudi fanatik. Sebelumnya, di Hebron, seorang Yahudi fanatik membantai puluhan Muslim yang sedang shalat subuh. Hampir tiap orang dewasa di Israel, laki-laki maupun wanita, pernah mendapat latihan dan melakukan wajib militer. Gerakan Palestina yang menuntut kemerdekaan total menteror ke tengah masyarakat Israel dengan bom “bunuh diri”. Targetnya, menggagalkan usaha perdamaian yang tidak adil itu. Sebenarnya “land for peace” diartikan Israel sebagai “Israel dapat tanah, dan Arab Palestina tidak diganggu (bisa hidup damai).”

*1996*
Pemilu di Israel dimenangkan secara tipis oleh Netanyahu dari partai kanan, yang berarti kemenangan Yahudi yang anti perdamaian. Netanyahu mengulur-ulur waktu pelaksanaan perjanjian perdamaian. Ia menolak adanya negara Palestina, agar Palestina tetap sekedar daerah otonom di dalam Israel. Ia bahkan ingin menunggu/menciptakan kontelasi baru (pemukiman Yahudi di daerah pendudukan, bila perlu perluasan hingga ke Syria dan Yordania) untuk sama sekali membuat perjanjian baru.

AS tidak senang bahwa Israel jalan sendiri di luar garis yang ditetapkannya. Namun karena lobby Yahudi di AS terlalu kuat, maka Bill Clinton harus memakai agen-agennya di negara-negara Arab untuk “mengingatkan” si “anak emasnya” ini. Maka sikap negara-negara Arab tiba-tiba kembali memusuhi Israel . Mufti Mesir malah kini memfatwakan jihad terhadap Israel .

Sementara itu Uni Eropa (terutama Inggris dan Perancis) juga mencoba “aktif” menjadi penengah, yang sebenarnya juga hanya untuk kepentingan masing-masing dalam rangka menanamkan pengaruhnya di wilayah itu. Mereka juga tidak rela kalau AS “jalan sendiri” tanpa bicara dengan Eropa.

*2002 – Sampai sekarang*
Sebuah usul perdamaian saat ini adalah Peta menuju perdamaian yang diajukan oleh Empat Serangkai Uni Eropa, Rusia, PBB dan Amerika Serikat pada 17 September 2002. Israel juga telah menerima peta itu namun dengan 14 “reservasi”. Pada saat ini Israel sedang menerapkan sebuah rencana pemisahan diri yang kontroversial yang diajukan oleh Perdana Menteri Ariel Sharon. Menurut rencana yang diajukan kepada AS, Israel menyatakan bahwa ia akan menyingkirkan seluruh “kehadiran sipil dan militer yang permanen” di Jalur Gaza (yaitu 21 pemukiman Yahudi di sana, dan 4 pemumikan di Tepi Barat), namun akan “mengawasi dan mengawal kantong-kantong eksternal di darat, akan mempertahankan kontrol eksklusif di wilayah udara Gaza, dan akan terus melakukan kegiatan militer di wilayah laut dari Jalur Gaza.

Pemerintah Israel berpendapat bahwa “akibatnya, tidak akan ada dasar untuk mengklaim bahwa Jalur Gaza adalah wilayah pendudukan,” sementara yang lainnya berpendapat bahwa, apabila pemisahan diri itu terjadi, akibat satu-satunya ialah bahwa Israel “akan diizinkan untuk menyelesaikan tembok – artinya, Penghalang Tepi Barat Israel – dan mempertahankan situasi di Tepi Barat seperti adanya sekarang ini.

Di hari kemenangan Partai Kadima pada pemilu tanggal 28 Maret 2006 di Israel, Ehud Olmert – yang kemudian diangkat sebagai Perdana Menteri Israel menggantikan Ariel Sharon yang berhalangan tetap karena sakit – berpidato. Dalam pidato kemenangan partainya, Olmert berjanji untuk menjadikan Israel negara yang adil, kuat, damai, dan makmur, menghargai hak-hak kaum minoritas, mementingkan pendidikan, kebudayaan dan ilmu pengetahuan serta terutama sekali berjuang untuk mencapai perdamaian yang kekal dan pasti dengan
bangsa Palestina. Olmert menyatakan bahwa sebagaimana Israel bersedia berkompromi untuk perdamaian, ia mengharapkan bangsa Palestina pun harus fleksibel dengan posisi mereka. Ia menyatakan bahwa bila Otoritas Palestina, yang kini dipimpin Hamas, menolak mengakui Negara Israel, maka Israel “akan menentukan nasibnya di tangannya sendiri” dan secara langsung menyiratkan aksi sepihak. Masa depan pemerintahan koalisi ini sebagian besar tergantung pada niat baik partai-partai lain untuk bekerja sama dengan perdana menteri yang baru terpilih.

Sementara itu sebelum terjadinya serangan habis-habisan Israel ke Gaza (27/12/2008), sudah terjadi serangan-serangan kecil di antara kedua belah pihak di sekitar Jalur Gaza, disebabkan Israel menutup tempat-tempat penyeberangan atau jalur komersial ke Gaza sehingga pasokan bahan baker minyak terhenti, yang memaksa satu-satunya pusat pembangkit listrik di Jalur Gaza tutup.

Sumber: milis FUSI-FTUI

About these ads

About Hafid Algristian

hypnotherapist. a psychiatry resident. a doctopreneur. trainer, blogger, author. a husband of a gorgeous wife. a man who fall in love everyday. follow him on twitter @DokterCurhat911 :) View all posts by Hafid Algristian

112 responses to “Latar Belakang Sejarah Konflik Israel-Palestina di Jalur Gaza

  • Helmi

    Semoga umat ISLAM dapat bersatu dan dapat bangkit menghadapi era globalisasi ini. AMIN YAA ROBBAL ‘ALAMIN.

  • aby

    cara mengakhiri perang d timur tengah adalah….???
    HAPUS ISRAEL DARI PETA DUNIA…,,,
    BANGKITLAH PEMIMPIN2 ARAB YG PENGECUT…!!!

  • lala al husein

    iaa allah.. seharusnya para pemuda jaman sekarang harusnya lebih memperdalam ilmu agama..bukan malah semakin melupakan ajaran agama
    wahaii saudaraku sekalian,,hidup ini hylah sementara jgn kalian kagum dengan kemegahan dunia…sesungguhnya hal yang paling jauh adalah masa lalu bukan hal ynag bersifat duniawi..karena masa lalu tidak bisa kembali apa lagi d perbaiki.
    semua tak ad yg sempurna terlebih sya,smoga bermanfaat..

    amiiin… :)

  • bilhasryramadhony

    terima kasih postingannya…
    sebagai syabab saat ini sebaiknya isilah fikiran-fikiran kita dengan pengetahuan dan jagalah iya dengan nilai-nilai agama. Jangan pisahkan agama dan ilmu pengetahuan, kerana iyanya pada satu yang padu yaitu ISLAM

  • AA

    suatu saat kaum yahudi akan sangat menyesal karena telah memerangi kaum muslim……
    INGAT ITU….

  • Bali golf villas

    sebagai sesama umat beragama harusnya kita saling menyayangi dan menghormati antara satu bangsa dengan bangsa yg lain bukannya saling bercerai berai dan berperang angkat senjata .

  • Faqih

    Postingan nya bagus tuh buat dibaca :) nambah ilmu deh..
    tapi, lebih baik kita sekarang memikirkan akidah kita dulu.. bgaimana dengan iman kita.. kalau merasa iman sudah tinggi.. baru deh kita jihad bareng” ke israel… hahaha

    … .

    semoga imannya segera tinggi, yaa.. atau, keberangkatan jihad adl pertanda iman yang tinggi? ah, cuman Allah yang tahu. dan orang2 sekitar yang merasakan manfaatnya. ;)

  • aisahere

    Subhanallah, thx bgt postingannya, mengingatkan kembali, tentang perjuangan bangsa Palestine. bermanfaat insya Allah buat pembaca

  • sarah

    konflik ini akn jd pmicu akhr zaman..

    So guys..siap2 jha..

    Allahu akbar

  • mari

    Perang israel – palestin bukanlah perang antar agama. Melainkan perang politik dan kekuasaan. Karna agama adl “alat” yg paling mudah utk dijadikan kekuatan politik.
    View:

    http://m.kompas.com/news/read/2009/01/15/18300886/perang.israel-palestina.bukan.konflik

  • Nenny

    get freedom for save this world please Filistin Israel Indonesia merdekaaaaaa

  • Jinom Mona

    Kalau,diperhatikan Ego kita yang memahami agama atas dasar fanatisme yang berlebihanlah yang membikin pemeluknya sengsara,ke egoisan kita seolah- olah agama kita yang paling dan benar tanpa pernah menyadari apa itu agama dan bagai mana itu agama,kita dijaman sekarang hanya bisa menaksir dan mengira-ngira tentang agama sebab kita bukan nabi atau orang suci yang lahir jaman itu ditambah diseretnya kita oleh orang orang yang mengaku paham tentang agama tetapi mempropvokasi kita untuk melawan sesuatu tujuanya yang kita tidak pahami,dari cerita diatas ternyata islam,kristen,yahudi sebenarnya satu keturunan dan menghancurkan satu sama lainya karena mereka tidak paham arti kebenaran sebenarnya,mereka takut akan dikatakan tidak benar sebab ada pemikiran mereka yang paling benar.

  • Panduan JSS-Tripler

    Smoga kedepannya Kedua bangsa ini dapat hidup rukun sebagaimana mestinya..

  • Hafid Algristian, dr., CHt.

    Amiin, Allahuma amiin.. makasii sudi mampir dimari.. ;)

  • fafa

    Jadi tambah mau tau tentang konflik nii :)

  • ezer

    aku pikir saatnya kedamaian harus di ciptakan dgn di lihat dari historis dan kronologisnya ,,, tanpa menganggap paling benar

  • fira

    Nice posting…thank you so much.let’s pray for filistis.

  • fira

    Let’s pray for palestine

  • R.B

    orang yang menghancurkan Israel, akan dihancurkan oleh Allah. Karena israel adalah umat pilihan Allah. Camkan itu………………………….

  • abib

    Inilah alasan aldof hitler meninggalkan sdikit yahudi yg tlah hampir dimusnahkannya biar sejarah tidak memfitnahnya sbagai pembunuh terkejam.persetan anak muda indonesia yg bergaya america…

  • filter air

    israel semakin menguasai..

  • firdaus

    israel, umat yang ingkar terhadap perjanjian.. not israel now loved by Allah but baniy israil in the past time who obeyed the roles..

  • firdaus

    go to hell, israel…. face muslim Indonesia, we’ll crack you down… don’t coward

  • Viray

    Sampai detik ini, Tuhan tdk mengatakn Israel yg sLah, Islam yg sLh,. Krna Qt msi dikasih ksmptn tk mprsiapkn diri untk kedatngn-Nya di bumi yg fanah ini. Kelak akn mengadili setiap pribadi tak trkcuali Kristen mwpn Islam, dn Presiden skalipun tk bisa mnyembunyikn semua hal yg telah qt prbuat di hadapn Allah, slama hidup qt di dunia yg singkat sja.

  • zul

    Semua sejarah ada di dalam kajian Al-Qur’an, terkutuklah bangsa bangsa yahudi dan sekutunya Allahu Akbar. ( Save palestine )

  • triyogi rossanti

    mari berdoa utk perdamaian dunia,, smoga semua org bisa sadar akan indahnya kedamaian, jauhkanlah perang hapuskan permusuhan di dunia, krn kita hidup hanya sebentar dan smua org pasti akan mati dan akan bertanggung jawab dgn diri sendirinya masing2 atas perbuatan dan amal ibadahnya…

  • feniA

    manusia manusia israel calon dajjal

  • edi

    Ini adalah tanda-tanda akhir zaman, agama islam sudah terpecah belah,, orng yahudi telah menguasai dunia.. Yng menjadi dalang israel adalah AS (yahudi) dan kenapa kita orng muslim tp, mengikut gaya hidup orang AS, (yahudi) harus ny kita sadar akan semua ini. Wahai orang yahudi, ingat ajab اَللّهُ itu pedih.

  • rara

    Pray for GAZA, semoga Allah swt melindungi mereka :( :'(

  • sonyaSKY

    masalah sepele tapi karena ego dan dendam jadi ruwet ==”

  • gumy

    ini perang woi sudah pasti yang kuat yang menang yang lemah yang kalah ! apa daya aii

  • zend

    Sadarlah bangsa isra’el,pda dasarnya banyak umat manusia yg tidak berdosa atas serangan kalian.bayangkan kalau posisi isra’el ada di palestina??”Ingat qt semua sama-sama Manusia yg memiliki HAK untuk hidup.

  • arlini

    Damai sejahtra yang dari TUHAN akan turun berlimpah, limpah,..limpah kepada kita semua,,,
    marilah kita berdoa kepada TUHAN kelak pertikaian ini cepat berakhir dan damai sejahtera yang ada dalam diri kita,,amin

  • maria

    israel memang umat pilihan allah. the world will see the truth.

  • yeya

    Di Alquran ada ya perintah untuk membunuh kristen ?! Perasaan di Alkitab Nggak ada perintah untuk membunuh Islam, emg perang Palestina – Israel itu perang agama?! Laa terus ngapain ngehujat2,bukannya dosa mulut jga itu ngehujat !? Emang yakin pelaku bom dr Israel itu ga ada muslimnya?! Emang iya org palestina yg dbom itu cuma org Muslim?! Emang kita tau, kita di Indonesia ini.. Miris bnget liatnya.. Islam, Kristen, atau agama appun sma aja,pasti ngakunya agma nya bener dan agama org lain salah, tp tergantung kepercyaan masing2, itu hak mau pilih yg mana, kalo emang kafir dia ga mungkin percaya adanya Tuhan, tp dia percaya iblis .. Agama lain tetap percaya Tuhan kan bukan percaya iblis.instropeksi diri aja dlu, setiap kitab agama itu isinya beda, tetap aja tujuannya Surga,keselamatan,kemenangan atas dosa.jd kembali kpd kepercayaan masing2 aja,ga usah ngehujat2 dpan umum,nambah dosa aja,uda kebanyakan dosa jga.mending didoakan biar perang nya usai, bukan dgn bunuh2an, tp dengan kebaikan.kalo bunuh2an tetap aja sampe kepala botak dunia kiamat ga berakhir pastilah sling balas. Tp emang suratannya nanti kiamat lah,, tp ga usah ikut2′an jga ngehujat2 org. Bentuk pribadi diri sendiri aja,urus diri sndiri,. Ikut2an aja bisanya.

  • al yudi

    Bangkit negara islam ku .. Keluar lah pemimpin yg pemberani , bukan pengecut sperti arab . Liiat lah jaman nabi tak ada gentarnya melawan yahudi… Semoga kluarga kita di sana yg perang masuk syurga. Aamiin .

  • dina

    dodol semua yang comment,israel – palestina bukan perang agama dodolllllllllll

  • eye

    22 anak2 meninggal
    ya…..
    semoga bisa damai ya….
    aqw turut prihatin nih….-_-
    ya Allah yang maha penyayang tolong lah hamba hamba mu yang beriman….Amin

  • eye

    Allah tuhanku muhammad nabiku islam agamaku al quran kitabku
    Pantun
    beli tape malam malam
    tapenya ditaroh diwadah
    untuk semua umat islam
    jangan lupa beribadah

  • Deajeng Viana Putri Azzahra

    Sesungguhnya sesama muslim harus lebih bijaksana ,kenapa negara lain memandang palestina hanya sebelah mata :( mereka semua tidak berperikemanusiaan

  • sausal

    Sebaiknya kita jangan saling ngehujat antar umat beragama. Karna semua agama itu sama,cuma ajarannya aja yg berbeda. Maka dari itu,kita berdoalah apa yang terbaik bagi Israel Dan Palestina.

  • Bayoe

    Pray for Gaza

  • chandra

    lha yang perang orang arab kok kita yang pusing..pusingin tuh TKW kita yang di perkosa di hajar di bunuh di arab sana..jan parah tenan indonesia di jajah Arab udah bertahun-tahun ga berasa.. semua berdoa ngadep ke sono. Kalo Tuhan ada di sono terus gimana Dia bantu kita disini???
    Agama cuma bikin rusuh dan otak rusak. Manusia sudah di ciptakan punya akal budi dan pikiran mana yang baik dan buruk Tuhan itu Esa..
    Agama itu cuma pola pikir segelintir manusia yang merasa lebih tau tentang Tuhan nya.
    Percaya Tuhan itu Maha Besar, lebih Adil, dan lebih Bijaksana dari otak kita semua, karena itu di sebut TUHAN.
    Kalo tuhan mu itu bisa muat di otakmu itu nama nya bukan tuhan!
    gampang bila itu terasa benar ya benar, bila itu ga benar ya ga benar kamu akan tau dengan hati mu.

  • hend

    saling mengasihilah diantara kita, karena itulah yang dikehendaki Tuhan

  • fadjar

    subhanallah,damai,Allah tdak akn mengampuninya

  • manja

    ya allah it’s not fair

  • tutifrutty

    maaf saya mau menanyakan, apakah benar nabi Daud putera nabi Musa AS, karena saya baca artikel dibawah ini bahwa nabi Musa keturunannya tidak ada yg menjadi nabi http://wangsamahkota.wordpress.com/2010/06/12/nabi-sulaiman-as-adalah-putra-dari-nabi-daud-as-adalah-keturunan-dari-nabi-ibrahim-as/

  • matabung91

    hukum karma Dan hukum tabur tuai. palestina-israel adu kekuatan indonesia yg geger. seharusnya Indonesia instropeksi diri mengapa ini terjadi. perlu diingat fenomena yg terjadi pada kaum minoritas di negara ini.

  • bayazid muhammad rumi

    sufisme yg sesat ???
    bro , sultan muhammad al-fatih adalah penganut thoriqoh naqsabandiyah bro !!!!
    ente siap kok menyesat-nyesatkan ???!!!!!!

  • meida

    kalo perang ini berakhir maka dunia ini kiamat..

  • mina

    sampai kiamat pun konflik disana tidak akan pernah damai, entah itu konflik agama atau penguasaan daerah, dsb.

  • rumail fauzi

    Mas baca deh… http://m.kompasiana.com/post/read/505415/1/apakah-konflik-israel-dan-palestina-salah-inggris.html tulisannya tendensius tp gak dalem intinya si wahyudi ini salah israel salah… plis mas jgn jadi bigot semoga makin pinter ya mas :3

  • RIZAL

    ini dari dulu konflik ga selesai selesai. beriringan pula dengan kemajuan zaman, luntur akhlaq budi pekerti,budaya lama hilang,terlebih lagi ladang makanan semakin semakin sedikit, saling mempertahnkan wilayah masing masing. untuk menjadi negara terkuat maka haruslah rakus didunia ini. bila ingin makan ikutlah dengan kami, bila tidak mari berperang. namanya juga kehidupan mulai dari nol kembali ke nol (kiamat ) dan semua selesai. so, go ahead.. HIDUP TELAH ADA CERITANYA, SEPERTI NOVEL YANG DIPERANKAN KE FILM. assalamualaikum.

  • Fikri

    Penderitaan yg kedua kubu telah alami seharusnya membuat mereka saling mengerti bahwa,jika Setiap orang berjuang untk keadilan bagi diri sendiri,tapi saat itu ia dapat merampas keadilan orang lain,maka hal itu hanya akan menambah rantai kebencian yg tak berujung.

  • gun

    bagi lagi cerita terkini gaza ke imel saya oke..like beritanya

  • shift

    Tanah perjanjian….
    Apa musti didptkan dng membunuh saudara sendiri..?!?,
    Apa Tuhan Allah mengajarkan untuk saling membunuh…?!?.
    Apa Tuhan Allah tidak marah..?!?..,
    Apa bisa masuk surga..?!?…

    yah mau bagaimana lg.. kalau hal2x duniawi menjadi prioritas utama..!! :hiks

  • ahbabul mustofa

    intinya pada amerika,,jika sudah hancur amerika islam bersatu baru damai dunia ini,tpi sudah takdir tertulis sampai akhir zaman pun tdk akan ada perdamaian,kcli saat kiamat sudah dekat…wallohu’alam

  • Surahman Al Malik

    Reblogged this on surahman al malik and commented:
    Jejak Sejarah Konflik Israel-Palestina di Jalur Gaza

  • Wie caiiankcwetiakow

    pray from me to GAZA

  • anonym

    hai, coba dipahami baik²… sepertinya yang komen tidak membaca tuntas artikel diatas. konflik israel-palestine itu adalah konflik kemanusian, akibat politik.. kenapa jadi sentimen agama. helooowwww, c’mon wake up!
    tak ada agama yang mengajarkan kekerasan, apalagi membunuh orang tanpa dosa!!

  • mumun

    Jadi pgn liat WORLD WAR Z lagi… dimana tuh iis rael habis dimakan zombie zombie keren…
    Taro aja zombi disonoh… abis langsung tuh negara!!!!!!!!!!!!
    bukan perang agama jhon!!!!ini perang kekuasaan wilayah!!!!

  • Fadhilah Ramadhani

    terimakasih atas postingan sejarahnya. lepas dari salah benar, postingannya mudah dipahami. kebenaran hanya milik Allah s.w.t. menulis, berbagi, dan belajar adalah bentuk kita mengetahui kebenaranNya. so, makasih ya atas pengetahuannya.
    keep learning all :)

  • budi

    Yang perang tu palestina lawan israel, kok indonesia tururt campur sgala ? apa untungnya hai org indonesia sampai gelar demo2 anti israel ? bikin jalanan macet, buang2 waktu, tenaga, dan pikiran saja. Perbatasan dan pulau 2 indonesia yg dicaplok malaysia sj, palestina dan israel gak ikut turut campur. Srahkan smuanya pada Tuhan,….

  • Donald Pakpahan

    Ini perlu kita simak sama-sama. Supaya diantara kita tidak terjadi tabrakan/benturan opini. (Pencerahan)

  • bekty muhammad

    perang antara israel – palestina tdak akan pernah brhnti,sampai kapanpun kecuali kiamat

  • Rynalda Divita Agnes

    Siapa aja , agama apa aja Tuhan Yesus gk pernah membedakan . Karena Tuhan Yesus itu Maha Adil . Buat saudaraku yang di palestina siapapun kamu aku doakan dari sini. Amin … semoga Israel dan palestina rukun seperti yang di kehendaki Tuhan ..

  • taher ahmad

    ini awal dari kehancur umat di dunia,,,

  • taher ahmad

    awal hancurnya bumi ini

  • hendra

    Trimakasih buat smua teman” yang berpikir secara dewasa..bukan utk melihat siapa yg benar dan yg salah..karna penghukuman bagi mereka yg menyusup dan mempekeruh keadaan bukan bagian dr manusia,.tetapi Tuhan Allah Sang Pencipta lah yang akan mengadili semua..dan tak heran dr awal dunia d ciptakan Adam dan Hawa jatuh di dalam dosa..tapi 1 hal yg saya yakini..Tuhan Allah tidak menyukai kekerasan..tidak menyukai pembunuhan,.mari kita bersama tetap menjaga pemahaman dan rasa persaudaraan yg telah Tuhan Allah berikan bagi umat-Nya yg ada d bumi ini..tetaplah berdoa bagi mereka yg teraniaya..tanpa melihat siapa..ras apa..agama apa..stop pembunuhan,stop kekerasan…sampai dunia ini menemui akhirnya.. kita tetaplah umat-Nya yg tak pernah setuju dgn sikap dan perlakuan yang di luar dari apa yang Tuhan Allah inginkan..utk semua saudaraku di palestina..saudara muslim..saudara nasrani..kami akan slalu berjuang dgn apa yg kami dpt lakukan di Indonesia utk kalian..(Doa untuk semua saudara yg teraniaya)

  • echy akiraimonoyama

    jngan mnyerah buat palestina, ALLAH SWT slalu ada d’sisi kita, ntah itu susah ataupun senang, jdi percya smua msalah psti ada jlannya ;)

  • A Cong

    Perasaan yang komen gak semua baca, artikelnya dengan komplit dan bener deh…asal komen aja…plisss biasain baca yaaa jangan asal komen…capee deh..kapan pinternya kalo gini caranya tobat deh tobat jangan bodoh” dan dibodoh in orang plissss

  • sugeng

    Berikut ini daftar 28 nama TKI di Arab Saudi yang terancam …

    https://id-id.facebook.com/…tki…arab…hukuman-mati-hukum…/19193904…

    Sodara sodara kita ini teracam hukuman mati di Arab Saudi, mereka butuh bantuan hukum dan kepedulian yang nyata dari pemerintah kita

  • lulukindah_

    How are you doing? Guys

  • wesly

    Hanya org bodoh dan tdk berpendidikanlah lgsung percaya dgn blog..!! Itu kan versi dia.. coba cari reverensi” dri isi blog ini.. baru comment..!!
    NB: kalau buat blog,, unsur agama anda lepaskan..
    jd anda anda lebih detil dan tdk menyudutkan 1 sisi manapun..
    thank’s

  • vie

    bener-bener gila tuh ISRAEL mestinya dari dulu tuh negara di asingkan gx usah di kasih makan sama minum..biar mati kelaparan!!!
    gx tahu DIRI bisanya bunuh orang secara sepihak..di jamin mereka matinya bakal masuk NERAKA..gx akan ada pintu syurga SELAMANYA!!

  • gx tau

    anjing israel,
    cl0n pnghuni neraka yg abadi

  • Sibhi

    Dho ngomong opo kie ra jelas…
    Nek pengen jelas sono Tanya penggerak serangan israel ma palestina.
    Kenapa dendam lama maseh diseret”….
    Nek wes ketemu kuburen Jero…Jero….

  • bastian

    Anjing itu lebih mulia derajatnya ketimbang israel..!!

    Save palestina

  • ophie 91

    lucu…ada yg ngebanggain israel.sepertinya dia itu dr salibis.memang israel umat pilihan bahkan dlm alqur’an disebut sbg umat yg diberi kelebihan.
    tp umat yg dianggap pilihan itu,dg kitab talmudnya ,memfitnah yesus/nabi isa sbg tukang sihir dan ibunya sbg pelacur.
    islam,dg qur’annya,datang menghapus fitnah itu dan mengembalikan keduaanya pada posisi terhormat sebagaimana mestinya.
    jadi kalau kaum salibis cerdas,mereka padti tau fihak mana yg harus diberi dukungan.

  • zerycho

    Kalo kita ingin tau mana yg salah dan mana yg benar, maka kita harus bisa melihat dengan hati dan pikiran, dan yg lebih penting kita harus tau sejarah, siapa itu Yahudi, siapa itu Israel. “Tidak ada ajaran agama yg memerintahkan untuk saling membunuh”.

  • rUn(waingapu-NTT)

    haiiiii….slam kenal tuk semuax….. :-)
    Palestina vs Israel bukanlah perang agama………melainkan perang kekuasaan wilayah…,,yang namax perang pasti ada korban dan bnyk yg terluka….jadi qta jgn heran dgn semuax itu….selamax Palestina g bakal menang vs Israel…krn uda tertulis bhwa Israel adalah bangsa Pilihan Tuhan dan akan dijadikan bangsa yg besar….,selamax g akn ada negara yg bisa melawan Israel…jadi qta warga bangsa Indonesia….jgn coba2 ikut campur dgn urusan kekuasaan negara mereka…Amerika Serikat dan negara2 hebat di Eropa aja yg hebat g ada yg brani mlawan Israel?tp qta bangsa yg kecil bergaya sok hebat????hehehehe….klw emang qta hebat…?jgn hax hebatx di komentar aja….?langsung aja terbang ke sana trus lwan Israel….,,apakah kalian sanggup?
    sekali lagi……INGAT:ini bukan perang agama….jadi jikalau qta manusia yg pux hati dan pux akal budi yg sehat….jgnlah menghina atau menghujat atas nama agama….krn g ada gunax komentar sperti tu,,,,apa artix Anda beribadah dan mempunyai Iman?apakh ImanMu mengajarkan ttg hal tsb?
    Selamat siang dan selamat merenung pengunjung2 yg baik hati :-)
    slam knal :-D

  • Andri

    postingan yang sangat bagus, thanks, jadi banyak paham

  • Jolan

    Seandainya nabi Ibrahim as masih hidup insya Allah punya kekuatan mendamaikan anak keturunannya yang sedang berseteru, bani Israil dan bani Ismail perlu sosok bapak yang bisa mendamaikan keduanya bukan yang saling menyulut permusuhan. ya Allah , ya Rahman , ya Rahiim ….

  • kuprit

    Kenapa kog kita semua tidak ingat sama PD ll,Hiroshima dan Nagasaki..? Andai itu terulang pada Israil,mungkin itu cara mudah dan tepat U/ membumi hanguskan kaum kafir tsb.
    Maaf semoga dilaksanakan aksi tsb.
    safe & pray from me to GAZA

  • Netral

    Perang ini tidak ada sangkut pautnya dengan masalah AGAMA . dan jngn pernah berkata yg tidak2 padahal jelas2 di dalam al’quran sendiri MENGAKUI bangsa Israel menjadi bangsa yg di berkati. Jangan hanya berbicara kasar dan memberikan cerita2 yg tanpa bukti otentik
    TERIMAKASI

  • evie

    percaya pada kekuasaan Alloh swt..dari ap yg terjadi,pasti ada makna dan tujuannya,yang terpnting bgaimana kita membawa diri…

  • tanpa nama

    Tain tlee ndk ku taok knan mek lapuann,,,,,isarael knca palestina alurg so na pada saling anukkk,,,,
    Kan km pada gnit tombong ,,,

  • richmond

    teman2 yang saya hormati.. khususnya seluruh penduduk indonesia yang sudah membaca postingan artikel ini ataupun di artikel lain mengenai sejarah israel palestina.. saya dsini hanya memberi tanggapan netral tetapi semoga informasi saya ini bermanfaat dan mohon maaf apabila ada yg salah dengan kalimat2 saya.. maklum hanya manusia biasa yang tidak sempurna karena kesempurnaan hanya milik DIA yang menjadikan langit dan bumi..
    menurut saya,
    perang israel palestina ini hanya akan berakhir apabila semua PEMIMPIN atau orang yang paling BERPENGARUH di israel maupun palestina ini sadar bahwa tidak ada gunanya men doktrin para masyrakat khusunya kalangan sipil (penduduk biasa) untuk berperang..
    apakah perang ini harus dilanjutkan sampai hari kedatangan TUHAN??
    INGAT lah teman2.. hidup di dunia ini hanya sekali, dan apa yg bisa kita lakukan yg terbaik untuk TUHAN itu yg terutama.. bukan malah sibuk dengan urusan perang antar sesama…
    kita ga akan pernah tau kapan dan dimana KIAMAT itu akan dimulai.. lebih baik kita bersiap diri masing2.. sudah pantas kah kita untuk menghadap Hadirat NYA di hari penghakiman nanti??
    (maaf ya, sekali lagi saya disini tidak ingin berkhotbah..)
    saya disini hanya berusaha membuka mata hati teman2.. saya bukan ustad, saya bukan pendeta ataupun pemimpin agama lain nya..
    saya hanya warga biasa yang bercita-cita menjadi lebih baik di masa depan sebelum hari kedatangan TUHAN.. saya sadar saya belum sempurna, maka dari itu wujud dari kesetiaan saya buat TUHAN, lewat tulisan ini saya ingin mengajak saudara2 khusunya di wilayah Indonesia agar tetap menjaga keharmonisan antar sesama umat beragama..
    jangan sampai terpancing emosi dr pihak/oknum yang sengaja membuat tensi kita naik..
    INGAT! hari2 ini musuh utama kita si IBLIS sedang lihai2 nya memanipulasi manusia.. sedikit saja terpancing ego kita, akan susah lepasnya..
    maka dari itu kawan2.. AYO kita bantu sodara2 kita d GAZA sana dengan hal2 yg positif.. seperti beri bantuan sandang, pangan, papan dan juga DOA.. itu yg bisa kita lakukan.. jangan malah memperkeruh suasana, demo sana sini, membentuk tim untuk bantu perang di GAZA.. (maaf tidak ada maksud menyinggung siapapun) jika memang ada di negara kita yang seperti itu, hentikan lah.. karena itu salah satu upaya IBLIS memperdaya kita.. sekali lg saya ingatkan, jangan TERPANCING! oleh si Lihai IBLIS…
    cukup doakan dan beri bantuan positif (sandang & pangan). supaya TUHAN cepat menghentikan perang tersebut..
    karena doa dari bapak ibu saudara/i adik kakak yang bisa membuat perubahan bagi perang antara Israel & Palestina..
    saya yakin banyak orang Pintar dan kaya di luar sana baik yang membaca tulisan ini ataupun tidak.. tetapi kurang ber hikmat..
    mohon sodara2 ku yang Pintar dan kaya di luar sana, ayo gunakan hikmat anda untuk membantu teman2 kita di GAZA sana dengan bantuan positif.. tidak harus menggunakan OTOT kan bantuannya..?? :(
    TUHAN memberi anda kepintaran dan kekayaan yg tak terbatas, mohon bantulah membangun Indonesia lebih maju, sadari tipu muslihat IBLIS, dan tetap lah rendah hati selama anda hidup..
    demikian komentar dari saya, sekali lagi tulisan ini saya buat bukan untuk menjatuhkan atau menghina siapa pun.. saya menulis ini karena sadar akhir zaman sudah dekat.. paling tidak saya sudah melakukan sesuatu yg positif yang bisa saya bagikan melalui tulisan ini o:)
    buat yang menanggapi ini dengan positif, tolong sebarkan tulisan ni sebanyak yg anda bisa.. kalo perlu ditambahkan jika memang ada yg kurang input positifnya.. :)
    buat yang merasa tulisan saya ini tidak berkmana dan mungkin membuat salah satu dr anda emosi, saya mohon maaf.. tp coba anda renungkan kembali, mungkin si tuan/ratu IBLIS sedang memanipulasi pikiran anda.. o:)
    Waspadalah dan Berjaga-jagalah..
    hari Tuhan sudah dekat.. semuanya sedang di genapi..
    bencana alam, perang tak berkesudahan, dll
    terimakasih & salam Netral.. o:)

  • shelfia

    boy netral..
    llu baca apa tidur..
    udah jelas” bangsa yahudi udh ngebantai dan merampas bangsa arab(islam).. no bacott no kecott

  • sihar

    Banyak hoax-nya

  • ichsan

    he e e
    Semustinya kita bisa belajar:
    1. Mentadabburi asal-usul dibuatnya Piagam Madinah oleh Rasulullah Muhammad SAW.
    2. Bagaimana Rasul mengawal perjalanan Piagam Madinah tersebut hingga akhir hayat.
    3. Bagaimana sikap Yahudi menanggapi Piagam Madinah (mulai dari lahirnya piagam tersebut-hingga Rasul wafat)?
    4. Kurang menghargai apa sikap Rasul Muhammad SAW terhadap Yahudi saat itu dengan dibuatkannya Piagam Madinah?
    5. Mustinya kita juga mempelajari beberapa ayat Qur’an dan nash as-sunnah yang menjelaskan berakhirnya perlawanan Yahudi terhadap Islam.

  • hamba Allah

    Mungkin banyak air mata yang mulai mengering, telinga menjadi panas, dan hati serasa jenuh mendengar pemberitaan korban di Gaza yang terus bertambah. Tapi kita memang harus terus bicara tentang Palestina. Kita harus terus menyuarakan kegelisahan kita, menyampaikan kepedulian kita, atau setidaknya meneriakkan jeritan hati kita melalui takbir dan doa-doa yang terlantunkan. Tidak boleh ada perasaan bosan saat mendengar berita Palestina. Tidak boleh kita berputus asa dalam melantunkan doa-doa untuk saudara kita disana. Tidak boleh merasa doa kita sia-sia. Tidak boleh pula kita mengira bahwa zionis Israel akan dibiarkan dengan kesombongannya begitu saja. Karena Allah SWT berfirman : ” Dan janganlah sekali-kali kamu (Muhammad) mengira, bahwa Allah lalai dari apa yang diperbuat oleh orang-orang yang zalim. Sesungguhnya Allah memberi tangguh kepada mereka sampai hari yang pada waktu itu mata (mereka) terbelalak” (QS Ibrahim 42)

    Hari ini kita melihat pemberitaan yang begitu beragam tentang fakta-fakta yang terjadi di Palestina. Ada yang mengutuk kekejian Israel, ada pula yang memprotes keangkuhan Amerika, Ada pula yang mengkritik pemimpin Arab yang ‘jubana’ (pengecut), bahkan ada pula yang tetap konsisten memberitakan Hamas sebagai teroris dan biang kerok semua permasalahan ini. Semuanya begitu kompleks dan membingungkan, sehingga banyak orang yang begitu bersedih dan berempati dengan pemandangan gambar-gambar korban dan ledakan, namun sedikit yang mengetahui hakikat permasalahan dan fakta yang shohih di Palestina.

    Karenanya, kita perlu memetakan lebih jelas tentang permasalahan Palestina. Saya ingin mengungkapkan fakta-fakta dalam al-Quran dalam memetakan masalah ini. Bahwasanya Al-Quran jauh-jauh hari telah menggambarkan fakta-fakta yang terjadi hari ini di Palestina melalui ayat-ayatnya yang mulia. Ini semua penting agar kita bisa berpikir lebih mendalam, lebih strategis dan lebih fokus dalam menyusun langkah kontribusi kita untuk Palestina. Agar kita tidak reaktif dan mudah terkejut, dan selalu shock dalam mendengar pemberitaan masalah Palestina.

    Berikut fakta-fakta yang telah digambarkan Al-Quran, dan sekarang terjadi begitu nyata di Palestina.

    Fakta 1 : Adanya Yahudi yang Sadis & Bengis terhadap orang muslim, serta senantiasa melanggar perjanjian Allah SWT berfirman : “Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik”.(Al-Maidah 82).

    Ketika Al-Quran 14 abad yang lalu telah jelas menyatakan fakta bahwa Yahudi menyimpan permusuhan yang amat keras terhadap umat Islam, maka hari ini kita menyaksikan dengan jelas gambaran permusuhan itu begitu nyata di depan mata kita. Jika ’sekedar’ menghitung angka korban jiwa dan luka-luka mungkin belum mewakili gambaran kebuasan mereka. Ada gambaran yang lebih buas dari hitungan angka-angka, saat Shadr seorang perempuan kecil berumur 4 tahun harus tewas menyongsong peluru tentara Israel di dadanya. Bahkan sang ayah tidak bisa menyelamatkan jasad putrinya, karena beberapa detik berikutnya datang sekumpulan anjing-anjing pelacak Israel untuk segera menyantap si kecil yang syahid itu. Seolah-olah tentara Israel itu memang membidikkan pelurunya untuk berburu makanan bagi anjing peliharaannya.

    Gambaran lain tak kalah mengerikannya adalah saat tubuh-tubuh yang tak bernyawa di tengah jalan harus remuk terlindas oleh tank-tank zionis yang bergerak memasuki gaza. Begitu pula penggunaan senjata fosfor putih oleh tentara Israel yang tidak pernah ditemukan dalam kamus kekejaman bangsa lainnya. Adakah kebiadabaan manusia yang melebihi gambaran di atas ? Fakta Al-Quran tentang kebengisan Yahudi ini membuat kita sadar, bagaimana cara terbaik menghadapi Zionis Israel.

    Kemudian dalam ayat yang lain Allah SWT memberitahukan kepada Rasulullah SAW tentang karakter Yahudi : ” (Yaitu) orang-orang yang kamu telah mengambil perjanjian dari mereka, sesudah itu mereka mengkhianati janjinya pada setiap kalinya, dan mereka tidak takut (akibat-akibatnya”). (Al-Anfal 56). Inilah fakta lain tentang Yahudi yang sudah diungkapkan Al-Quran sejak awal risalah Islam. Karenanya akan sangat aneh jika masih ada pemimpin Islam yang berharap banyak untuk mengadakan perjanjian dengan Israel, seolah-olah lupa dengan Fakta Quran dan fakta sejarah kenabian. Jika kita membaca ulang sejarah Yahudi dalam Siroh Nabawiyah, maka akan ada kesimpulan utuh bahwa sejarah Yahudi adalah sejarah pembangkangan dan penghianatan.

    Fakta 2 : Adanya kaum muslimin yang terusir dan terbunuh di Palestina karena keyakinan mereka berislam. Allah SWT berfirman : .. (yaitu) orang-orang yang telah diusir dari kampung halaman mereka tanpa alasan yang benar, kecuali karena mereka berkata: “Tuhan kami hanyalah Allah.” (QS Haj 40)

    Al-Quran begitu jelas menggambarkan fakta adanya orang-orang yang terusir dan teraniaya ‘hanya’ karena mereka teguh memegang aqidah mereka. Penderitaan penduduk Palestina hari ini –dan sejak setengah abad yang lampau- adalah bukti riil fakta al-Quran di atas. Mereka teguh dengan agama mereka, yakin dengan kemuliaan Islam, karenanya mereka tidak rela Masjid Al-Aqsho dikuasai Zionis Israel. Maka merekapun bertahan, merekapun melawan, mempertahankan sejengkal tanah kemuliaan Islam dari jajahan zionis. Karena semua alasan mulia itulah hari ini banyak warga Palestina meregang nyawa.

    Fakta 3 : Adanya Skenario Global di balik konflik Palestina . Allah SWT berfirman : Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka (Al Baqoroh 120)

    Dibalik fakta keangkuhan Israel hari ini, adalah karena adanya dukungan setia Amerika. Bahkan kita lihat titik balik keberadaan negara Israel di Palestina, adalah karena kebaikan hati Inggris kepada kaum Yahudi, sekaligus kebencian mereka terhadap Islam. Dua negara besar ini selalu konsisten mendukung Zionis Israel. Bukan hanya teknis persenjataan yang selalu disuplai, tetapi juga kebijakan-kebijakan perdamaian dan juga ‘ pengkhianatan’ perdamaian yang selalu diamankan oleh Amerika. Resolusi PBB untuk gencatan senjata sepekan lalu–dengan abstainnya Amerika- adalah salah satu keajaiban dunia yang menyalahi sejarah konsistensi dukungan Amerika terhadap Israel.

    Biasanya Amerika akan dengan mudah memveto setiap kebijakan yang merugikan zionis, adik tirinya tersebut. Tapi tidak ada yang berubah dari Amerika, berita hari ini menyebutkan pertemuan dua Menlu AS-Israel ; Condolize Reece dan Tzipi Livni yang mengukuhkan kesepakatan untuk menghalangi sekuat tenaga masuknya dukungan persenjataan ke Palestina. Jadi, tidak ada yang salah dengan fakta Al-Quran.

    Fakta 4 : Adanya Benih-benih kemunafikan yang mengganggu perjuangan Jihad. Allah SWT berfirman : Apakah kamu tidak memperhatikan orang-orang munafik yang berkata kepada saudara-saudara mereka yang kafir di antara ahli kitab: “Sesungguhnya jika kamu diusir niscaya kamipun akan keluar bersamamu; dan kami selama-lamanya tidak akan patuh kepada siapapun untuk (menyusahkan) kamu, dan jika kamu diperangi pasti kami akan membantu kamu…”(Al-Hasyr 11)

    Fakta Al-Quran dan juga fakta sejarah kenabian selalu mengingatkan kita adanya bahaya dari dalam. Jangankan hari ini saat umat Islam dalam kondisi lemah dan terpecah, bahkan di barisan pasukan Rasulullah SAW di Madinah pun bercokol sekelompok munafik yang terus aktif menghasut dan menghancurkan kaum muslimin dari dalam. Masih ingat bukan peperangan Uhud, saat 300 dari 1000 pasukan rasulullah SAW membelot mundur ke Madinah karena kecewa dengan keputusan Rasulullah SAW ?

    Maka hari ini kita menyaksikan adanya dua negara arab besar yang memboikot KTT darurat Liga Arab di Dhoha, Qatar yang sedianya direncanakan menghasilkan keputusan yang ‘keras’ dan efektif untuk menghentikan kebiadaban Israel. Adakah ungkapan yang lebih halus untuk mengganti kata ‘kemunafikan’ bagi kedua bangsa tersebut ?.

    Belum lagi masalah perbatasan Rafah yang masih saja ditutup oleh pemerintah Mesir. Sehingga dukungan kemanusiaan, apalagi mujahidin dan persenjataan tidak bisa menjangkau Gaza. Kisahnya sangat berkebalikan dengan yang terjadi di Afghanistan saat melawan Uni Soviet duapuluh tahun yang lampau, saat Pakistan membuka perbatasannya untuk masuknya mujahidin dan persenjataanya ke Afhanistan.

    Hari ini pemerintah Mesir menjadi ‘bemper’ pelindung Zionis Israel dari masuknya solidaritas muslim internasional. Begitu pula saat bicara dengan pemimpin-pemimpin Arab, Husni Mubarok sekuat tenaga meyakinkan teman-temannya untuk tetap lunak pada Israel. Tanpa sadar, nampaknya presiden ‘Husni Mubarok’ ingin mengulangi kelakuan Abdullah bin Ubay yang mati-matian membela Yahudi Bani Qainuqo’ saat Rasulullah SAW akan memberikan sanksi atas pengkhianatan yang mereka lakukan pada konstitusi Madinah. Nah, adakah ungkapan yang lebih halus dari ‘kemunafikan’ untuk menggambarkan sikap tersebut ?

    Fakta 5 : Ada banyak kaum banyak kaum muslimin lemah tidak berdaya . Ada perubahan besar terjadi pada gaya hidup sebagian besar kaum muslimin paska tumbangnya kekhalifahan Utsmaniyah di Turki. Banyak negara muslimin dijajah oleh negara-negara Barat dan penduduknya pun mulai mengadopsi pemikiran dan gaya hidup Barat yang materialis. Akibatnya, cinta harta dan dunia mulai mengakar dalam kehidupan kaum muslimin.

    Pada saat itulah, jihad yang membentengi kemuliaan Islam mulai tergerogoti. Al-Quran telah menggambarkan fakta tersebut dengan jelas .. Allah SWT berfirman : Hai orang-orang yang beriman, apakah sebabnya bila dikatakan kepadamu: “Berangkatlah (untuk berperang) pada jalan Allah” kamu merasa berat dan ingin tinggal di tempatmu? Apakah kamu puas dengan kehidupan di dunia sebagai ganti kehidupan di akhirat? Padahal kenikmatan hidup di dunia ini (dibandingkan dengan kehidupan) diakhirat hanyalah sedikit” ( At-Taubah 38 )

    Kelemahan inilah yang segera ditangkap oleh musuh-musuh Islam. Mereka kini lebih berani dalam menganiaya dan menginjak-injak negeri Islam karena merasa ‘aman’ dengan lemahnya semangat kaum muslimin dalam berjihad. Lihat saja penyerangan secara sistematis pada negeri muslim dalam dua warsa terakhir ini. Dari mulai Afghanistan, Irak, Palestina, hingga negara-negara yang masuk dalam daftar tunggu penyerangan seperti ; Iran, Sudan dan Suriah.

    Gambaran seperti inilah yang juga terjadi di Palestina, keangkuhan Israel dalam membombardir Palestina dengan penuh percaya diri, salah satunya karena mereka yakin tidak ada satu negara muslim pun yang berani mengirimkan pasukannya membela Palestina atas nama jihad. Negara-negara muslim dalam kondisi lemah dan takut menghadapi balasan Amerika dan sekutunya face to face. Akhirnya Israel melenggang begitu nyamannya dalam menebar bom cluster di bumi Palestina. Tidak ada pembelaan dari negara-negara muslim tetangganya. Hizbullah Libanon pun malu-malu untuk mengirimkan roketnya ke wilayah Israel. Bahkan Iran yang sempat ‘berkoar-koar’ pun belum sekalipun mengarahkan roketnya ke Israel. Sudan yang dipimpin oleh Jenderal Mujahid pun harus berdiam diri karena sibuk dengan konflik Darfur yang juga disutradari Amerika.

    Inilah kenyataan hari ini, dan ini pulalah yang sudah diprediksi oleh Rasulullah SAW dalam haditsnya, bahwa umat Islam akan menjadi santapan bangsa-bangsa lain di akhir zaman. Bukan karena jumlah mereka yang sedikit, bahkan banyak, tapi bagaikan buih yang terombang ambing lemah tak berdaya. Semua ini karena umat Islam terjangkiti sindrom wahn, yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW : ” Cinta dunia dan takut mati ” (HR Abu Daud)

    Fakta 6 : Ada kelompok yang senantiasa mengusung tinggi jihad untuk menegakkan kalimatullah tanpa ragu dan gentar. Allah SWT berfirman : Di antara orang-orang mukmin itu ada orang-orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah; maka di antara mereka ada yang gugur. Dan di antara mereka ada (pula) yang menunggu- nunggu dan mereka tidak merobah (janjinya) (QS Al Ahzab 23).

    Al-Quran, menyebutkan fakta akan adanya golongan yang senantiasa ’setia’ untuk memperjuangkan kejayaan Islam. Bahkan meskipun diantara mereka banyak yang telah berguguran, tidak sedikitpun membuat komitmen mereka untuk berjihad mundur dan luntur. Hari ini tidak bisa dipungkiri bahwa Hamas tampil sebagai gambaran riil fakta Al-Quran tersebut. Tuduhan organisasi teroris tidak membuatnya gentar sejengkalpun. Pemborbardiran Zionis Israel disambut dengan perlawanan sekuat tenaga. Petinggi Hamas Kholid Meshal dalam banyak kesempatan senantiasa mengulang-ulang sikap Hamas yang tidak akan mundur dalam mempertahankan Gaza.

    Logika mana yang bisa menjelaskan Hamas yang awalnya adalah sebuah organisasi massa Islam, kini bertarung dengan gagah melawan Zionis Israel yang mempunyai kekuatan militer terkuat di Timur Tengah ? . Kesimpulan paling mudah yang kita tangkap adalah ‘ konsistensi’ Hamas dalam berjihad, itulah yang membuat mereka tetap eksis dan terus melawan. Ruh Jihad menjadi semacam jaminan bagi kekuatan sekecil apapun untuk melawan kekuatan sebesar apapun. Bukankah Allah SWT berfirman : “Berapa banyak terjadi golongan yang sedikit dapat mengalahkan golongan yang banyak dengan izin Allah.(QS Al-Baqoroh 249)

    Akhirnya, semua ungkapan dan isyarat kekaguman dan penghormatan, entah itu standing avocation, apllause, angkat topi, hormat tangan, atau apa saja yang bisa mengungkapkan kekaguman sangatlah layak diberikan pada Hamas. Setelah kagum, tentu saja kita juga harus menjadi bagian yang mendukung perjuangan jihad tersebut. Siapa yang bisa menahan keinginan untuk tidak bergabung dalam barisan pembela kebenaran yang telah dijamin eksistensinya oleh Rasulullah. Tidaklah berlebihan, jika dikatakan fenomena Hamas hari ini adalah bukti riil keberadaan kelompok jihad abadi di muka bumi ini, sebagaimana Rasulullah SAW bersabda : ” Akan senantiasa ada segolongan dari umatku yang tegak memperjuangkan kebenaran, dan mereka tidak akan terpengaruh dengan orang-orang yang memusuhi dan memerangi mereka “. (HR Muslim). Ketika Rasulullah SAW ditanya oleh sahabat tentang siapa mereka itu ?. Maka beliau menjawab : ” di sekitar masjid al-Aqsha”. Subhanallah

  • jack

    mendingan cari tau dulu apa palestina dan filistin itu sama..baru bisa diposting di blog nya mas

  • kristin

    Ada yang bela palestina karna banyak yg islam ada yg bela israel karna banyak kristennya. Pusing !! Lagian yang mereka rebutin itu kan bukan agama tapi wilayah yang bagi mereka itu penting. jadi gausa dihubung hubungin sama agama dong. Jangan langsung menjudge bangsa israel bakal masuk neraka semua emang semua orang di israel ikut perang ? kan engga ? Lagian duaduanya juga masih terus balas membalas jadi ya gabakal kelar kalo mereka dikasih kesadaran sama Tuhan. Kita tau Israel Yordania Sinai Yerusalem Mesir, wilayah wilayah itu kan punya arti penting buat kedua negara sesuai dengan ajaran agama mereka masingmasing kan jadi mungkin mereka gaterima kalo wilayah tersebut dimiliki oleh yang lain. Ya kita sebagai manusia yang masih punya iman yang mau masuk surga harusnya berdoa buat kebaikan dua negara itu supaya cepet damai. Banyak yg bilang mereka gabakal damai ? ya tetep aja berdoa, kan berdoa juga hal yang salah malah bisa nambah pahala kan ? bagi Tuhan ga ada yang gamungkin di dunia ini asal kita terus berusaha dan yakin juga percaya bahwa apa yang kita harapkan akan terkabul. ya ga ? jadi jangan saling ngejek deh kecuali kalo kalian uda ngerasa bener ngelebihin Tuhan. :)

  • kristin

    sorry ralat maksudnya berdoa.bukan hal yang salah bukannya jadi hal yang salah hehe

  • de'lay kuepunk

    Penutupan terowongan yang digunakan untuk menyelundupkan barang ke Jalur Gaza menimbulkan kerugian 230 juta dolar per bulan bagi perekonomian wilayah tersebut, kata seorang pejabat Hamas, Minggu (27/10/2013).
    “Penutupan terowongan (oleh Mesir) telah menimbulkan kerugian bagi sektor-sektor industri, perdagangan, pertanian, transportasi dan pembangunan” sekitar 230 juta dolar per bulan, kata Hatem Oweida, deputi menteri ekonomi bagi gerakan Hamas yang menguasai Jalur Gaza.
    Selama bertahun-tahun barang-barang penting diselundupkan dari Mesir ke Gaza melalui terowongan itu dengan melanggar blokade Israel, namun pasukan Mesir belum lama ini menghancurkan banyak terowongan setelah penggulingan Presiden Mohamed Morsi kubu Ikhwanul Muslimin, sekutu Hamas.
    Oweida mengatakan, wilayah pesisir Palestina itu bergantung pada terowongan-terowongan itu untuk memenuhi sedikitnya 40 persen kebutuhan pembangunannya dan bahan-bahan mentah.
    Tingkat pengangguran akan mencapai 43 persen jika lintasan penyeberangan perbatasan resmi tetap tutup dan terowongan-terowongan dihancurkan, kata Oweida memperingatkan.
    Ia menambahkan, “pendapatan publik turun setelah penutupan terowongan-terowongan itu dan pengetatan blokade pada pertengahan kedua 2013″, yang akan memukul program-program kerja Hamas.
    Israel pertama kali memberlakukan blokade laut, darat dan udara terhadap Jalur Gaza pada 2006 setelah pejuang Palestina di sana menangkap seorang prajurit Israel.
    Kelompok Hamas menguasai Jalur Gaza pada Juni tahun 2007 setelah mengalahkan pasukan Fatah yang setia pada Presiden Palestina Mahmud Abbas dalam pertempuran mematikan selama beberapa hari.
    Wilayah pesisir miskin tersebut semakin dibloklade oleh Israel sejak itu. Palestina pun menjadi dua wilayah kesatuan terpisah — Jalur Gaza yang dikuasai Hamas dan Tepi Barat yang berada di bawah pemerintahan Abbas. Kini kedua kubu tersebut telah melakukan rekonsiliasi.
    Uni Eropa, Israel dan AS memasukkan Hamas ke dalam daftar organisasi teroris.
    Israel dan kelompok pejuang Hamas yang menguasai Jalur Gaza terlibat dalam perang delapan hari pada November 2012 yang menewaskan 177 orang Palestina, termasuk lebih dari 100 warga sipil, serta enam orang Israel — empat warga sipil dan dua prajurit.
    Kekerasan itu meletus pada 14 November, dengan pembunuhan komandan militer Hamas Ahmed Jaabari oleh Israel.
    Selama operasi delapan hari itu, militer Israel menyatakan telah menghantam lebih dari 1.500 sasaran, sementara pejuang Gaza menembakkan 1.354 roket ke Israel, 421 diantaranya disergap oleh sistem anti-rudal Iron Dome.
    Perjanjian gencatan senjata Hamas-Israel dicapai pada 21 November 2012, sehari setelah diplomasi bolak-balik yang dilakukan oleh Menteri Luar Negeri AS Hillary dan Sekretaris Jendral PBB Ban Ki-moon. (Ant/pro)

  • asd

    terlalu pintar.. palestina arab? krn arab bersih keras untuk ngambil lahan palestina menjadikan palestina arab.. dan bangsa palestina yahudi hanya mendapatkan 23% dari perjanjian.. harusnya kalian bersyukur.. dan gak ush banyak berkomentar, apa lagi bawa agama.. gaje.. persoalan lahan kok bawa agama.. namanya aneh

  • duisoesilo

    di buku armageddon karya wisnu sasongko mengisahkan nasib bani israel di masa yg akan datang..

  • duisoesilo

    Dalam buku armageddon karya wisnu sasongko mengisahkan nasib bani israel di masa yg akan datang..

  • Resty

    Lebih baik diam dan renungkan juga d0akan untuk mereka yg saat ini sedang berduka.
    Karna bacot ga bkal bisa nyelesein msalah,apalagi bantuin mereka (Palestina).

  • Mosul Olmert

    CARA AMPUH MELAWAN ZIONIS ISRAEL LENYAP DIMUKA BUMI ADALAH MENGHACURKAN ISRAEL ZIONIS DI TANAH PALESTINA,DENGAN BERSATUNYA SEMUA NEGARA LENGKAP DENGAN SEJATA TEMPUR UNTUK MENGGEMPUR ISRAEL.
    Kita Tahu bahwa Hamas Pejuang yang hebat tak kenal menyerah demi mempertahankan tanah palestina dari penjajah zionis Israel.Semoga Palestina akan merdeka dan tanah Palestina kembali direbut.Hidup Palestina merdeka Allah selalu mendengar dan maha adil kelak Negara Israel akan hancur binasa beserta sekutu Amerika.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: